Tuesday, September 27, 2011

Makanan Diet.

Tuesday, September 27, 2011

Setelah pada postingan yang lalu (pada bulan Januari 2011 -_-") saya membahas makanan yang bisa bikin awet muda, maka pada postingan kali ini (dan saya berjanji pada diri sendiri untuk update sering² ini blog) kita akan membahas masalah diet. Saya sendiri malas diet walo ukuran pinggang makin lebar dan perut makin offside, huft.. Tapi ga ada salahnya kita bahas, ya sekedar bahan untuk baca².

Pertama kita bahas adalah Diet Sesuai Golongan Darah :D
Diet sesuai golongan darah atau yang disebut "Eat Right for Your Type Diet" oleh pengarangnya, Dr. Peter J. D. Adamo ini percaya bahwa setiap orang harus mengkonsumsi makanan berdasarkan golongan darahnya. Karena menurutnya masing-masing golongan darah (0, A, B, AB) memiliki keistimewaan sendiri. Mulai dari makanan apa yang mudah diserap oleh tubuh, olahraga apa yang tepat, penyakit apa yang mudah hinggap, serta bagaimana tubuh memberi respon terhadap stres akan ditentukan oleh golongan darah yang Anda miliki Tubuh menyerap dan bereaksi terhadap makanan dengancara berbeda sesuai karakteristik golongan darah tersebut.

Reaksi ini dipengaruhi oleh lectin, sejenis protein yang terdapat dalam makanan. Diet sesuai golongan darah mengacu pada makanan yang digolongakan sebagai kelompok yang sangat menguntungkan, netral, dan hindari. Kelompok sangat menguntungkan bisa dinalogikan sebagai ’vitamin’, Sebaliknya kelompok hindari sebagai ’racun’ bagi tubuh. Sedangkan kelompok netral kira-kira berperan sebagai makanan biasa yang menyediakan kalori dan nutrisi untuk tubuh. Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan.

Menurut Adamo, pola makan setiap golongan darah berkaitan erat dengan sejarah evolusinya. Golongan darah O konon merupakan golongan darah tertua, sudah ada semenjak 40.000 tahun SM. Mereka menda-patkan makanan lewat cara berburu binatang yang tinggi protein. Sehingga rencana diet untuk orang golongan darah 0, pada dasarnya adalah yang tinggi protein dan rendah karbohidrat.

Mereka juga tidak dapat mencerna susu dan hasil olahannya dengan baik. Mengkonsumsi makanan yang disarankan sesuai golongan darah dipercaya akan memperlancar metabolisme tubuh dan mem-bersihkan darah dari racun-racun yang seharusnya keluar dari tubuh. Pemilihan jenis makanan tersebut juga berpengaruh pada perubahan bobot tubuh. Sehingga makanan tertentu bisa mengakibatkan berat badan Anda turun, tapi belum tentu demikian untuk golongan darah lain.

Yang dijanjikan
Sang kreator Dr. Adamo mengatakan bahwa diet ini tak hanya merupakan kunci untuk menurunkan berat badan, namun juga dapat meningkatkan energi, meningkatkan imunitas serta ’menggempur’ penyakit-penyakit serius seperti misalnya kanker. Dengan mengikuti diet ini Anda akan menjadi lebih sehat, panjang umur dan awet muda.

Kekurangan
- Terlalu banyak informasi detil yang harus diingat.
- Beberapa jenis makanan dilarang, sehingga agak sulit bagi Anda untuk menyeimbangkan diet.
- Hanya ada sedikit bukti untuk mendukung teori sang pengarang tentang diet dan penurunan berat badan. Dr. Geoff Daniels, haematologist dari International Blood Group Reference Laboratory, Bristol mengatakan, "Saya tidak melihat adanya penelitian yang credible untuk diet ini. Salah satunya, soal lektin yang katanya bereaksi berbeda terhadap tiap golongan darah. Namun ia mengesampingkan fakta bahwa hampir semua lektin telah hancur atau terserap dalam sistem pencernaan jauh sebelum kontak dengan darah."

Agar berhasil untuk Anda
- Karena diet ini sangat detil dan strict, lebih baik Anda membeli buku mengenai diet ini untuk melihat makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi.
- Jangan lupa untuk membuat catatan mengenai hal-hal penting yang berkaitan dengan golongan darah Anda. Misalnya apa kelemahan dan kekuatan Anda, makanan apa yang akan meningkatkan imunitas tubuh Anda, atau bagaimana cara eketif untuk mengatasi stres.

Sekian Dulu, lain kali kita akan membahas diet-diet yang lain. So tetap update :D

0 comments:

Post a Comment

Donation

 

Twitter

Ikuti Via Google

Ikuti Via FB