Saturday, May 8, 2010

Pulau Semadu

Saturday, May 8, 2010
Nama ini memang agak asing, mungkin anda bertanya-tanya apa ada pulau di pantai-pantai Aceh Utara? Secara keseluruhan panta-pantai di Aceh Utara tidak mempunyai Pulau mulai dari Pantai Ulee Rubek di Kec. Seunuddon sampai Pantai Ujung Blang di Lhokseumawe. Nah Pulau Semadu ini sebenarnya adalah nama sebuah tempat wisata pantai di Kecamatan Muara Satu - Lhokseumawe. Lokasi wisata ini sekitar 10 kilometer arah timur Kota Lhokseumawe. Jika sampai di depan komplek perumahan PT Arun, maka berbeloklah ke kiri. Lurus. Ikuti jalan itu. Sekitar 100 meter dari Jalan Medan-Banda Aceh, tepat di depan Kompleks Perumahan PT Arun, akan ditemui lokasi wisata pantai itu.

Bagi anda yang suka wisata Pantai, Pulau Semadu wajib anda kunjungi kalau sedang berada di Kawasan Lhokseumawe, apalagi keadaan pantai Ujong Blang yang sudah sangat memprihatinkan, maka pantai Pulau Semadu bisa menjadi tempat yang sangat menyenangkan, memang belum banyak yang mengetahui letak tempat wisata ini bahkan bagi warga Aceh Utara Sekalipun. Hamparan Pasir dan semilir angin akan memanjakan pengunjung pantai ini, di tahun 2006 kawasan ini katanya lebih indah dari sekarang, namun dengan banyak tumbuhan yang rindang sebagai tempat berteduh, sekarang pun pantai ini masih sangat indah.

Karena lokasi wisata ini dikelola oleh masyarakat sekitar, maka akan dikenakan biaya masuk Rp. 2000,- per orang, dan disarankan membawa bahan makanan atau bekal dari rumah kalau anda bermaksud makan siang disini (apalagi kalau rame-rame) karena harga-harga disini termasuk mahal namun masih dalam tahap wajar untuk tempat wisata. Selain itu berbagai fasilitas disini mulai dari toilet sampai jembatan (dari daratan menuju pinggiran laut) di kenakan biaya, memang kalau anda mau kepinggiran laut tidak wajib lewat jembatan anda bisa berbasah ria dengan air hanya sebatas tumit orang desa melalui teluk dan banyak pengunjung yang memilih opsi kedua :D.

Alasan mahal dan tidak adanya fasilitas yang gratis di Pulau Semadu adalah, karena kawasan ini 100% dikelola oleh masyarakat setempat, tidak ada fasilitas yang dibangun oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe, jadi menurut masyarakat disitu wajar saja mereka ngutip biaya atas fasilitas yang mereka bangun dan rawat sendiri, memang ga ada salahnya sih. Banyak pantai-pantai di Aceh yang dikelola oleh masyarakat dan itu sah-sah aja, yang penting pengunjung senang, masyarakat di sekitar juga dapat untung.

Nah, terlepas dari semua faktor diatas, pantai Pulau Semadu adalah sebuah pantai yang indah dengan banyaknya tumbuhan rindang, angin yang berhembus tenang dan hamparan pasir yang indah membuat pantai ini sayang untuk anda lewatkan kalau sedang berkunjung ke Kota Lhokseumawe.

0 comments:

Post a Comment

Donation

 

Twitter

Ikuti Via Google

Ikuti Via FB