Thursday, May 6, 2010

Pemandian Krueng Sawang

Thursday, May 6, 2010

Sawang adalah sebuah kota Kecamatan di Pedalaman Kab. Aceh Utara dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum (berupa mobil pick up yang dikasih tempat duduk di bagian belakangnya) dari Krueng Mane, Aceh Utara. Krueng sawang dulunya banyak di kunjungi oleh masyarakat Aceh Utara baik itu siswa yang berlibur pada akhir tahun atau masyarakat biasa, namun karena konflik GAM, daerah ini menjadi daerah yang tidak kondusif untuk di kunjungi. Karena konflik sudah berlalu maka tidak ada salahnya kalau kita jalan-jalan lagi ke Krueng Sawang :D.

Untuk mencapai Krueng Sawang kita harus masuk lebih dalam kira-kira 10 km dari Kota Sawang dan kendaraan yang menuju kesana mulai sulit, jadi disarankan kalau ma ke Krueng Sawang sebaiknya memang membawa kendaraan sendiri, karena dari Keude Sawang menuju Ke Krueng Sawang dan desa-desa sekitarnya yang ada hanya RBT (Rakyat Banting Tulang alias Ojek :D) kecuali Hari rabu, kalau hari Rabu karena hari Pasaran ada mobil pick up yang masuk ke desa-desa sepanjang Krueng Sawang sampe ke Desa Riseh. Kembali ke Krueng Sawang, Krueng ini hampir sama dengan Krueng Batee Iliek, yaitu sungai dengan batu-batu yang sangat besar dan bearus tidak terlalu kencang, jadi aman buat mandi, kecuali di musim penghujan.

Sungai ini mengalir dari perbukitan ke Muara dan tidak mengenal istilah pasang surut karena airnya sepanjang pasa mengalir dari Gunung ke Laut tidak pernah sebaliknya, di musim hujan sungai ini mempunyai arus yang sangat kencang sehingga beberapa desa yang ada di atas bukit menjadi terisolir, namun sekarang sudah dibangun beberapa Jembatan Gantung. Krueng Sawang sendiri sudah lama menjadi tempat rekreasi warga Aceh Utara, tempat ini sudah dikenal sampai ke Aceh Timur. Sungainya yang berpanorama indah membuat kita betah berlama-lama di tempat ini. Kalau anda sedang jalan-jalan di Aceh Utara, tidak ada salahnya menyempatkan diri berkunjung ke Krueng Sawang. Yang pasti Krueng sawang tidak kalah menariknya dengan Air Terjun Blang Kulam maupun tempat wisata alam lainnya di Aceh Utara.

0 comments:

Post a Comment

Donation

 

Twitter

Ikuti Via Google

Ikuti Via FB