Tuesday, April 13, 2010

Tari Laweut

Tuesday, April 13, 2010

Pada Postingan yang lalu kita telah membahas sedikit tentang tari Likok Pulo yang berasal dari Pulo Aceh Kab. Aceh besar yang tahun penemuannya kira² 1849. Pada postingan kali ini kembali kita akan membahas sebuah tarian yang sudah di kenal di Seluruh Aceh yaitu Tari Laweut yang menurut beberapa sumber berasal dari Pidie.

Tari Laweut adalah tari yang berasal dari Aceh. Laweut berasal dari kata Selawat, sanjungan yang ditujukan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW. Sebelum sebutan laweut dipakai, pertama sekali disebut Akoon (Seudati Inong). Laweut ditetapkan namanya pada Pekan Kebudayaan Aceh II (PKA II). Tarian ini berasal dari Pidie dan telah berkembang di seluruh Aceh.

Gerak tari ini, yaitu penari dari arah kiri atas dan kanan atas dengan jalan gerakan barisan memasuki pentas dan langsung membuat komposisi berbanjar satu, menghadap penonton, memberi salam hormat dengan mengangkat kedua belah tangan sebatas dada, kemudian mulai melakukan gerakan-gerakan tarian.

Sekarang tari laweut pun sering ditampilkan pada Acara kebuadayaan dan sudah mulai diperkenalkan keluar Daerah dan keluar Negeri.


0 comments:

Post a Comment

Donation

 

Twitter

Ikuti Via Google

Ikuti Via FB