Saturday, March 27, 2010

Calang - Aceh Jaya

Saturday, March 27, 2010
Kabupaten Aceh Jaya
Lambang Kabupaten Aceh Jaya
Lambang Kabupaten Aceh Jaya
Locator kab aceh jaya.png
Peta lokasi Kabupaten Aceh Jaya
Koordinat : 4°22'-5°16' LU dan 95°10'-96°03' BT
Motto -
Semboyan '
Slogan pariwisata '
Julukan
Demonim '
Provinsi Aceh
Ibu kota Calang, Krueng Sabee
Luas 3.627 km²
Penduduk
· Jumlah 74.532 [1]
· Kepadatan 21 jiwa/km²
Pembagian administratif
· Kecamatan 6
· Desa/kelurahan 172
Dasar hukum UU No.4 Tahun 2002
Tanggal 10 April 2002
Hari jadi {{{hari jadi}}}
Bupati Ir. Azhar Abdurrahman
Kode area telepon 0645
APBD {{{apbd}}}
DAU -

Calang adalah nama dari ibukota Kabupaten Aceh jaya, Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten induknya yaitu Kab. Aceh Barat Barat, kini mulai berbenah, walaupun sarana jalan untuk mencapai Kota Calang dari Banda Aceh masih memprihatinkan namun keadaan kota Calang sendiri sudah lumayan tertata rapi. Lalu kalo anda berkunjung ke Aceh jaya apa yang akan anda nikmat? Yang pertama akan anda temui adalah Pantainya yang menawan mulai dari Lamno samp ai ke Kota Calang anda akan banyak menyusuri Pantai nan indah.

Menuruni Puncak Geurute anda memasuki kawasan Lamno, jalanan yang masih berbatu mungkin akan anda temui. Dulu sebelum Tsunami di daerah ini akan anda temui Gadis bermata biru, cirikhas penduduk Lamno yang katanya keturunan Eropa. Namun setelah Tsunami, para keturunan si biru mata ini yang memang bermukim di pinggiran pantai sudah bisa dikatakan hilang sama sekali. Keindahan pantai Lamno akan membuat anda lupa akan keadaan jalan yang sedikit tidak bersahabat.

Untuk mencapai kota Calang sampai sekarang anda harus menggunakan rakit penyeberangan, itulah sebabnya harga² berbagai kebutuhan pokok di kota ini agak sedikit mahal bila dibandingkan dengan kota² lain di Aceh bahkan dibandingkan dengan Banda Aceh sekalipun. Perjalanan dari Banda Aceh ke Calang akan memberi kepuasan tersendiri bagi anda yang menyukai keindahan pantai.

Berikut profil Kabupaten Aceh Jaya :

Pemerintahan

Kabupaten Aceh Jaya terbentuk pada tanggal 22 Juli 2002, merupakan wilayah pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat. Wilayah administrasi terdiri dari 6 kecamatan, 21 mukim dan 172 desa, dengan ibukota kabupaten terletak di Calang, yakni suatu wilayah yang terletak di Krueng Sabee.

Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Jaya, secara susunan organisasi pada tahun 2005 terdiri dari lembaga/instansi berupa 11 Dinas, 3 Badan dan 6 Kantor yang merupakan kantor kecamatan. Jumlah keseluruhan pegawai negeri sipil daerah yang bertugas di jajaran pemerintahan Kabupaten Aceh Jaya pada tahun 2005 sebanyak 1.148 orang. Sementara itu jumlah wakil rakyat yang duduk pada lembaga legislatif yaitu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Aceh Jaya pada tahun 2005 masih sebanyak 20 orang sebagaimana tahun 2004, hanya saja beberapa wakil rakyat mengalami pergantian antar waktu, terutama disebabkan oleh beberapa anggota DPRD yang meninggal pada saat terjadinya bencana gempa dan tsunami.

Kecamatan

  1. Jaya (48 desa/kelurahan)
  2. Krueng Sabee (16 desa/kelurahan)
  3. Panga (19 desa/kelurahan)
  4. Sampoiniet (38 desa/kelurahan)
  5. Setia Bakti (13 desa/kelurahan)
  6. Teunom (38 desa/kelurahan)

Kondisi Geografi

Kabupaten Aceh Jaya merupakan wilayah pesisir Barat pantai Sumatera dengan panjang garis pantai lebih kurang 160 kilometer. Curah hujan rata-rata sepanjang tahun sebesar 318,5 mm dengan jumlah hari hujan rata-rata 19 hari. Suhu udara dan kelembaban udara sepanjang tahun tidak terlalu berfluktuasi, dengan suhu udara minimum rata-rata berkisar antara 21,0-23,2°C dan suhu udara maksimum rata-rata berkisar antara 29,9-31,4°C.

Batas Wilayah

Utara Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie
Selatan Samudera Indonesia dan Kabupaten Aceh Barat
Barat Samudera Indonesia
Timur Kabupaten Aceh Barat

Penduduk

Jumlah penduduk Kabupaten Aceh Jaya pada tahun 2005 didasarkan pada hasil Sensus Penduduk Aceh Nias (SPAN) yang merupakan sensus penduduk pasca bencana alam gempa bumi dan gelombang tsunami yang melanda wilayah Aceh. SPAN dilaksanakan oleh BPS pada bulan September 2005 dengan hasil jumlah penduduk Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam tercatat sebanyak 4.031.589 jiwa. Sementara itu jumlah penduduk Kabupaten Aceh Jaya hasil sensus tersebut sebanyak 60.660 jiwa yang terdiri dari laki-laki sebanyak 31.515 jiwa dan perempuan 29.145 jiwa.



2 comments:

cangklak said...

yayayya meunan lah =))

awe said...

Hehehe, makasih kunjungannya pak cang

Post a Comment

Donation

 

Twitter

Ikuti Via Google

Ikuti Via FB