Monday, January 25, 2010

Sabang

Monday, January 25, 2010




Sabang atau pulau weh adalah salah tempat tujuan wisata paling terkenal di Aceh, Sabang merupakan sebuah pulau paling barat Aceh yang berarti juga paling barat Indonesia. Pada tahun 1997 diresmikannya Tugu Nol Kilometer oleh Wakil Presiden Indonesia Try Sutrisno.

Dari segi geografis Indonesia, wilayah Kota Sabang merupakan wilayah administratif paling barat, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia, Thailand, dan India. Koordinat 95°13’02"-95°22’36" BT, dan 05°46’28"-05°54’-28" LU

Wilayah Kota Sabang dikelilingi oleh:

  • Selat Malaka di Utara
  • Samudera Hindia di Selatan
  • Selat Malaka di Timur
  • Samudera Hindia di Barat
Tempat² wisata yang bisa anda kunjungi di sabang adalah, Pantai Iboih, Pantai Anoe Itam, Tugu Nol Kilometer serta Pulau Rubiah yang terkenal dengan pemandangan bawah lautnya.

Untuk mencapai sabang anda harus menumpang Fey dari pelabuhan Ulee Lheu dengan lama perjalanan lebih kurang 2 jam. Agar lebih puas dalam berkeliling sebaiknya anda membawa kendaraan sendiri, karena jasa angkutan umum memang sangat minim di sabang. Memang ada tempat rental kendaraan tapi klo punya kendaraan pribadi sangat di sarankan untuk membawanya.

Untuk masalah penginapan dan Rumah makan di Sabang sudah cukup memadai dan tarifnya pun terjangkau, anda bisa mencari tempat penginapan di daerah kota Sabang ataupun di sepanjang jalan menuju pantai Iboih. Prasarana jalan untuk mencapai lokasi wisata pun sudah sangat bagus, jadi anda tidak perlu kwatir dengan jalan di kota sabang, bahkan jalan menuju nol kilometer pun sudah sangat baik.

Jadi kalo anda berencana menghabiskan masa liburan panjang, ga ada salahnya menyeberang ke pulau sabang.

Untuk oleh² atau buah tangan di sabang juga tersedia kue khas sabang berupa bolu (yang disebut Bapia) dan dodol aneka rasa.

Untuk jadwal keberangkatan kapal dari Banda Aceh - Sabang maupun sebaliknya bisa anda lihat disini. Semoga liburan anda menyenangkan.

0 comments:

Post a Comment

Donation

 

Twitter

Ikuti Via Google

Ikuti Via FB