Monday, December 7, 2009

Bandar Wisata Islami di Banda Aceh

Monday, December 7, 2009



Gema "Bandar Wisata Islami" di Aceh (khususnya Banda Aceh) beberapa waktu yg lalu sempat agak nyaring terdengar, terlebih menjelang Pekan Kebudayaan Aceh yang tela berakhir beberapa waktu yang lalu. Bandar Wisata Islami sendiri merupakan visi dari pemerintah Kota Banda Aceh dalam mewujudkan Kota Banda Aceh yang Modern, Islami, Nyaman dan Aman (MINA).

Pada dasarnya kita perlu mengacungkan jempol dan mendukung visi Pemko Banda Aceh dalam merealisasikan Banda Aceh sebagai "Bandar Wisata Islami". Banda Aceh pasca Tsunami dan perjanjian Helsinki memang sudah banyak dipenuhi oleh orang² dari Luar Aceh maupun Luar Negeri di tambah dengan dukungan Bandar udara Sultan Iskandar Muda yang telah menjadi Bandara International, membuat Akses ke ibukota Provinsi Aceh (Dulunya NAD) ini semakin terbuka lebar.

Berbicara Pariwisata kita tidak bisa hanya mengharapkan Pemerintah nya saja, perlu dukungan dari semua pihak, Pariwisata ada sektor yang berhubungan dengan banyak sektor lainnya termasuk sektor pertanian, perikanan dan kelautan serta sektor industri rumah tangga. Pariwisata tidak akan berkembang klo yang di perbaiki hanya jalannya saja atau hanya objek wisatanya saja tapi keramah tamahan penduduknya juga menjadi tolak ukur berkembang atau tidaknya pariwisata setempat.

Dukungan lainnya adalah dengan menjaga kebersihan kota, Kota Banda Aceh adalah kota dengan tingkat kesembrawutan luar biasa, baik itu pedagang kaki lima, kesembrawutan di jalan dan banyak masalah dengan pengelolaan sampah di kota ini, kalo pemko serius dengan program "Bandar Wisata Islami" Banda Aceh di tahun 2011, maka sudah selayaknya pemerintah kota Banda Aceh membenahi kesembrawutan ini.

Kita semua mendukung program ini, karena dengan majunya sektor wisata akan membuat sektor lainnya seperti industri rumah tangga (baik itu souvenir, kue tradsional dan pakaian tradisonal) akan ikut bangun. Pemko Banda Aceh perlu membuat strategi dan aturan main yang jelas mengenai program ini.

0 comments:

Post a Comment

Donation

 

Twitter

Ikuti Via Google

Ikuti Via FB