Saturday, September 12, 2009

Tari Ranup Lampuan

Saturday, September 12, 2009



Sesudah membahas rapa'i pasee, kita akan kembali membahas kesenian Aceh, kali ini kita bahas tarian yang dimainkan oleh dara Aceh. Karena ini bahasan mengenai tarian yang pertama kali kita akan mengupas tarian penyambut tamu yaitu tarian ranup lampuan.

Ranup artinya sirih sedangkan puan adalah tempat sirih (bahasa melayu untuk tempat sirih juga puan, jadi saya rasa banyak orang yang tau apa itu puan). Sirih adalah lambang penghormatan terhadap tamu, dulu klo tetangga berkunjung ke rumah tetangga lainnya pasti disuguhi sirih, sayangnya sekarang dah berganti dengan sirop atau malah ga disguhi apa². Sirih bagi masyarakan aceh adalah lambang persaudaraan, saat melamar gadis untuk dijadiin istripun sirih turut serta.

Kembali ke tarian ranup lampuan, tarian ini di tarikan oleh beberapa dara Aceh untuk menyambut tamu resmi, menggunakan puan yang berisi sirih untuk disuguhkan kepada tamu tersebut. Tamu yang disuguhi dengan tari ranup lampuan biasanya memang tamu jauh atau tamu pemerintahan, jadi wisatwan biasa kayaknya jarang disguhi tarian ini, kecuali jika kehadirannya bertepatan dengan adanya acara kebudayaan.


1 comments:

Feri Hasrijal said...

pak,musik tarian ranup lampuan versi serune kalenya ada ga pak.

Post a Comment

Donation

 

Twitter

Ikuti Via Google

Ikuti Via FB