Saturday, September 12, 2009

Rapa`i Pasee

Saturday, September 12, 2009



Sesudah ngomongin makanan, minuman, dan kebiasaan ngopi pada masyarakat Aceh, kali ini ngomongin kesenian, dan kesenian yang kita bahas kali ini adalah Rapa`i, serpeti pepatah Aceh yang mengatakan "Peunajoeh timphan piasan rapa`i" yang artinya kira² "makanan timphan hiburan rapa`i". Di Aceh sendiri kalo di lihat dari cara bermainnya terdapat beberapa jenis rapa`i namun jika di bagi menurut ukurannya hanya ada dua yaitu rapa`i besar (rapa`i gantung) dan rapa`i kecil (rapa`i duek). Duek artinya duduk, jadi rapa`i duek adalah rapai yang dimainkan sambil duduk, biasanya digunakan dalam musik etnik ataupun pertunjukan dabus.

Yang kita bahas kali ini adalah rapa`i gantung atau yang lebih dikenal dengan rapa`i Pasee, mungkin nama rapa`i Pasee diambil dari daerah asalnya (penulis juga kurang tau). Rapa`i pasee biasa dimainkan pada pembukaan upacara adat dan acara² kolosal yang bersejarah, dimainkan pada malam hari oleh para seniman dan pemuda² desa sekitar tempat hajatan.

Berat alat keseniannya lebih dari 30 kg, makanya sewaktu dimainkan rapa`i ini digantung pada batang bambu. Memainkan rapa`i pasee kalo tidak terbiasa akan membuat telapak tangan terkelupas dan beradarah serta bengkak sampai beberapa hari, tapi itu bukan halangan buat para pemainnya.

Sekarang rapa'i pasee sering dilombakan disebut dengan rapa'i tunang, dimana dua buah kelompok saling berhadapan untuk menunjukan kehebatan masing², proses perlombaan ini berlangsung semalam suntuk dari pukul 21.00 sampai azan subuh, memang bukan perlombaan yang bisa diikuti sembarang orang, butuh stamina yg prima untuk jadi anggota group rapa'`ipasee. Lokasi penyelenggaraan perlombaan rapa'i juga tidak bisa di dalam gedung karena bisa membuat penonton pingsan karena suaranya, makanya perlombaan rapa'i biasanya diadakan setelah musim panen padi, dimana sawah yg terhampar luas dan kering jadi lokasi perlombaan, suara tabuhan rapa'i pasee bisa terdengar sampai radius 3 km.

0 comments:

Post a Comment

Donation

 

Twitter

Ikuti Via Google

Ikuti Via FB