Friday, September 11, 2009

Leumang Aceh

Friday, September 11, 2009



Disaat bulan Ramadhan tatkala umat Islam menunaikan salah satu rukun Islam yaitu menjalankan puasa di bulan Ramadhan, maka menjamurlah para penjaja penganan berbuka puasa. Mulai dari rumah makan yang sengaja menyediakan penganan khas berbuka, juga pedagang kaki lima yang menjajakan segala jenis makanan mulai dari gorengan sampai agar².

Nah di Aceh sendiri terdapat beberapa jenis makanan yang hanya bisa dengan mudah di temui di bulan Ramadhan. Salah satu dari makanan tersebut adalah Leumang Aceh. Makanan yang terbuat dari ketan yang di bakar dalam bambu berlapis daun pisang ini memang Khas dan hanya muncul setahun sekali. Karena kurang diminati di bulan lain mungkin salah satu alasan kenapa makanan ini hanya muncul setahun sekali.

Dibulan puasa sendiri pedagang Leumang Aceh bisa meraup keuntungan yang lumayan. Di tahun 2009 ini bertepatan dengan Ramadhan 1430 H menurut salah satu Harian Nasional terbitan medan omset penjual Leumang Aceh mencapai Rp. 2.000.000,- per hari (Waspada Online).

Bahan untuk membuat Leumang Aceh adalah Ketan Putih dan Santan (bisa ditambahin beberapa bumbu untuk membuat harum). Bahan² tersebut dimasukkan kedalam potongan bambu yang telah dilapisi daun pisang lalu diasapi (dibakar dengan api menyala bukan dengan bara) dengan api yang cukup besar.

Leumang ini enak disantap dengan air tebu maupun selai srikaya.

0 comments:

Post a Comment

Donation

 

Twitter

Ikuti Via Google

Ikuti Via FB